Cek Plagiasi Skripsi Sendiri Dengan Turniti Secara Online

Cek Plagiasi Skripsi Sendiri Dengan Turniti Secara Online

Cara Cek Plagiasi Skripsi atau Dokumen Secara Online

Bagi mahasiswa tingkat akhir di perguruan tinggi, skripsi merupakan tugas akhir yang harus dikerjakan dan diselesaikan. Dengan jaman yang serba digital yang semuanya (red: sumber) bisa didapatkan di internet, sehingga sebagian banyak mahasiswa mengambil karangan di internet dengan cara copy paste secara langsung. Beberapa mahasiswa bahkan menyewa jasa pembuatan skripsi atau jasa penulisan dan diterima begitu saja tanpa mengetahui keaslian dokumen yang telah ditulis. Contoh di atas merupakan bentuk plagiarisme yang sering dijumpai.


Sebagian besar pembimbing membolehkan untuk mengambil sumber di internet, namun harus dengan metode ATM yakni amati, tiru, dan modifikasi. Jika itu dilakukan, kemungkinan besar akan terhindar dari bentuk plagiat. Namun perlu diingat juga bahwa dengan mencantumkan sumbernya tentu akan lebih baik dan bisa dipertanggungjawabkan.


Sebelum mahasiswa menyerahkan sakripsinya ke pihak universitas, biasanya dan memang seharusnya akan melalui tahapan cek plagiasi terlebih dahulu. Jika lebih dari 20% plagiasi, maka kemungkinan besar harus direvisi terlebih dahulu. Namun jika kurang dari 20% atau bahkan lebih sedikit dari itu, maka skripsi kalian bisa lolos dan biasanya dijadikan referensi di web jurnal universitas untuk bisa dibaca dan bisa menjadi rujukan mahasiswa lainnya.


Cara Cek Plagiasi Skripsi atau Dokumen Secara Online

Agar tidak terjadi “kerja dua kali”, maka sebelum diserahkan ke pihak universitas ada baiknya kalian cek terlebih dahulu secara mandiri. Ada banyak penyedia jasa tersebut, namun yang kami rekomendasikan kepada kalian adalah sebuah website plagiasi cheker yang bagus, tentu dengan Turnitin. Websitenya adalah Mulfu.co dengan tampilan webnya seperti ini:


Cara Cek Plagiasi Skripsi atau Dokumen Secara Online

Website ini merupakan tempat mengecek plagiasi suatu dokumen secara online dan hasilnya bisa ditunggu dalam beberapa menit ke depan. Untuk bisa mengecek plagiasi dokumen, kalian dikenakan biaya hanya Rp. 1000 rupiah per satu dokumen, harga ini cukup murah dan terjangkau.


Cara menggunakan Mulfu.co

  1. Siapkan file skripsi atau dokumen yang hendak dicek plagiasinya;
  2. Kunjungi halaman Mulfu.co di Google;
  3. Seret file atau upload file di kotak yang disediakan
  4. Masukkan nomor telephone/WA;
  5. Pilih kategori file yang diupload tadi (opsional) jika tidak diisi juga tidak masalah;
  6. Bayar lalu tunggu filenya akan dikirim ke nomor WA kalian atau bisa cek secara berkala di https://mulfu.co/search dan masukkan nomor kalian.


Dengan cara seperti ini, maka kalian bisa mengetahui terlebih dahulu tingkat plagiasi skripsi kalian sebelum diketahui pihak universitas. Sehingga kalian bisa melakukan perbaikan-perbaikan atau revisi sebelum akhirnya bisa diserahkan ke pihak universitas.


Demikian cara melakukan cek plagiasi skripsi by Turnitin via online yang bisa kalian lakukan secara mandiri di manapun dan kapan pun.

Load comments